0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Putri Ismail Marzuki, Menyambung Hidup dengan Jualan Es

(merdeka.com)

Timlo.net – Putri semata wayang Pahlawan Nasional Ismail Marzuki, Rachmi Aziyah Ismail Marzuki, menjalani hidup serba pas-pasan. Dia mengontrak di Perum Bappenas A12, RT 1 RW 6, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Rachmi tinggal bersama suaminya dan dua orang keponakannya. Keempat anaknya sudah menikah dan memilih tinggal terpisah dengan mereka. Sudah 7 tahun aktivitas itu dilakukan Rachmi dan suami hampir setiap hari.

“Kecuali kalau sekolah libur, ya kita libur juga,” papar wanita yang fasih berbahasa Sunda itu.

Meja tempatnya berjualan begitu sederhana. Hanya sebuah payung besar digunakannya untuk menghalau panas terik matahari. Di depan rumahnya, Rachmi tak berjualan sendiri. Ada beberapa pedagang lain yang ikut menjajakan jualannya.

Beberapa anak sekolah berlalu-lalang di hadapannya. Rachmi terus memandangi mereka berharap sudi mampir ke meja jualannya dan membeli minuman segar yang dijajakannya. Rachmi tampak ceria meladeni anak-anak itu. Kedua tangannya juga masih sangat lihai saat menuangkan botol minuman bersoda ke plastik yang sebelumnya sudah diisi batu es.

Satu kantong plastik berisi minuman bersoda dan teh manis dihargai Rachmi Rp 2.000,-, sedangkan sayur asem dihargai Rp 6.000,-. Harga ini dianggap wajar oleh Rachmi karena pembeli minuman es adalah anak-anak SD. Keuntungan yang didapat dari berjualan es tak menentu. Seharian penuh berjualan, Rachmi bisa memperoleh keuntungan berkisar Rp 50.000,- sampai dengan Rp 70.000,-.

“Ya itu cukuplah untuk membiayai dapur. Kalau enggak kaya gitu dari mana?” kata dia.

Meski hidup dalam keadaan pas-pasan, Rachmi tak melulu menyalahkan pemerintah yang kurang memperhatikan dirinya. Padahal, Rahmi-lah satu-satunya keturunan sang musisi, Ismail Marzuki.

“Pemerintah juga urusannya bukan cuma ngurusin saya aja kan banyak urusannya,” kata Rachmi sambil tertawa.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge