0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen Trunojoyo Madura Raih Doktor UNS

Dosen Universitas Trunojoyo Madura, Ema Rusdiana raih Doktor UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —¬†Erma Rusdiana, mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) meraih gelar Doktor UNS. Erma berhak menyandang gelar doktor setelah berhasil mempertahan disertasinya di depan dewan penguji, di Ruang Senat UNS, Solo, Kamis (18/8).

“Kebijakan legislasi di Indonesia terdapat perbedaan pengaturan mengenai pertanggungjawaban terhadap korporasi dan atau badan hukum,” jelas Erma.

Erma yang dosen Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo, Madura mempertahankan disertasi berjudul “Pertanggungjawaban Pidana Partai Politik Sebagai Badan Hukum Dalam Mewujudkan Penegakan Hukum Korupsi Politik”.

Erma mengemukakan, partai politik tidak dapat dipersamakan dengan korporasi. Dijelaskan, korporasi merupakan entitas bisnis atau badan usaha yang bertujuan untuk memperoleh kumpulan orang dalam rangka membangunan demokrasi dengan tujuan akhir untuk memperoleh kekuasaan politis melalui Pemilu.

Erma pun menyarankan revisi Undang-Undang Partai Politi (UU Parpol), khususnya pasal-pasal yang berkaitan dengan larangan terhadap Parpol dan pasal yang berkaitan dengan sanksi pidana agar memasukkan partai politik sebagai pihak yang bertanggungjawab atas tindak pidana yang dilakukan oleh pengurusnya sepanjang dalam kerangka aktivitas badan hukum parpol sesuai AD/ART.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge