0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Toko Modern Bergeser, Pemkot Kecolongan

Toko Modern ini bergeser dari lokasi awal. Lokasi toko lama tampak sedang direnovasi (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Sebuah toko modern di Jalan Veteran berpindah lokasi tanpa ijin dari Pemerintah Kota Solo. Pemerintah Kota Solo merasa kecolongan karena perpindahan dilakukan tanpa sepengetahuan Pemkot.

“Seharusnya ada pemberitahuan. Baik itu pindah sementara atau permanen, harus ijin dulu, kata Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT) Toto Amanto, Kamis (18/8).

Ia mengakui, sebelumnya belum pernah ada kasus toko modern berpindah lokasi. Karena itu dia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan dinas terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Apalagi luasan toko modern yang baru diperkirakan lebih besar daripada luasan toko yang lama. Ia mengatakan apabila Perpindahan dilakukan sementara dengan alasan renovasi maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Disperindag.

“Kalau pindahnya permanen maka mereka harus mengajukan ijin Usaha Toko Modern (IUTM). Nanti biar Satpol PP yang klarifikasi,” kata dia.

Toko tersebut bergeser ke samping kasih toko yang lama. Berdasarkan pengamatan, toko baru tampak lebih luas dari toko yang lama. Saat Timlo.net meninjau lokasi tampak sejumlah orang sedang merenovasi toko lama yang berada tepat di samping toko yang kini beroperasi.

Sampai saat ini di kota Solo terdapat sekitar 70 toko modern. BPMPT sejak awal tahun ini tidak pernah mengeluarkan ijin toko modern baru. Menjamurnya toko modern dikhawatirkan dapat mengancam pelaku usaha kecil dan menengah terutama toko-toko kelontong.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge