0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyalahgunaan Psikotropika, Ini Himbauan Kasat Narkoba

Ilustrasi Narkoba (merdeka.com)

Solo – Mengantisipasi penyalahgunaan psikotropika yang makin marak, Satuan Reserse Narkoba Polresta Solo menghimbau supaya poliklinik tidak melakukan proses rehabilitasi secara mandiri terhadap pasien tanpa ada rekomendasi dari dokter yang menangani. Banyak kasus terjadi, poliklinik memberikan psikotropika golongan tiga dan empat kepada pasien tanpa ada dokter yang menangani.

“Himbauan kami, supaya poliklinik tidak mudah memberikan obat jenis psikotropika golongan tiga dan empat kepada pasien tanpa ada rekomendasi dari dokter yang menangani secara langsung,” jelas Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polresta Solo, Kompol Ari Sumarwono, Kamis (18/8).

Seperti diketahui, psikotropika adalah suatu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Oleh karena itu penggunaan obat psikotropika yang melebihi dosis akan membuat sesorang menjadi ketagihan atau kecanduan.

“Selama ini yang kami temui, kebanyakan pecandu narkoba beralih ke sini (golongan psikotropika-red),” terang Kasat Narkoba.

Supaya tidak terjadi penyalahgunaan obat psikotropika secara bebas, maka harus benar-benar dilihat riwayat pasien sebelum memberikan obat tersebut.

“Jadi poliklinik harus berhati-hati memberikan obat ini. Kami telah melakukan sinergitas dengan Dinas Kesehatan maupun Asosiasi Apoteker jika melakukan pengobatan mandiri harus melihat riwayat pasien terlebih dahulu,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge