0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Bakal Sulap Kawasan Kumuh Jadi Pusat Pemerintahan

Walikota Solo melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan kantor Koramil Pasar Kliwon, Kamis (18/ 8). (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo berambisi menyulap kawasan kumuh, di Semanggi Pasar Kliwon menjadi pusat pemerintahan. Lokasi tersebut tepatnya berada di lahan HP 53 bebarapa puluh meter Selatan Pasar Klitikan Notoharjo.

“Kita ingin di sini jadi pusat pemerintahan. Jadi nanti ada Kantor Koramil, Kantor Kelurahan, Rumah Sakit, dan sekolah,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dalam acara peletakan batu pertama pembangunan kantor Koramil Pasar kliwon, Kamis (18/8).

Ia menceritakan, dahulu lokasi tersebut merupakan sawah garapan eksnarapidana. Di sebelah timur terdapat kompleks lokalisasi Silir. Di Utaranya terdapat pasar ayam dan kambing serta pasar besi tua. Awalnya, pemerintah pusat menghendaki lahan tesebut untuk pembangunan lembaga pemasyarakatan. Namun rencana tersebut batal karena ternyata pemerintah pusat menggunakan lahan tesebut dengan mekanisme sewa dari Pemkot Solo. Sementara Pemkot solo mempunyai rencana lain.

Menurut rencana, lahan tersebut akan digunakan untuk membangun gedung sekolah, Kantor Koramil, dan Rumah Sakit. Sekolah yang dimaksud sudah beroperasi sejak tahun ajaran baru 2016. Sedangkan kantor Koramil sudah mulai dibangun. Nantinya, gedung kantor kelurahan akan dikerjakan setelah proses pemekaran Kelurahan Semanggi rampung.

“Untuk rumah sakit, kita sedang mintakan anggaran ke pemerintah pusat,” kata Rudy.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge