0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Yoni di Pucangan Berasal dari Abad 7 Masehi

Petugas dari BPCB mengecek Yoni temuan warga di Desa Pucangan (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Yoni yang ditemukan warga di Dusun Sraten, Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura beberapa waktu yang lalu berasal dari abad 7-12 masehi. Hal ini diungkapkan tim pengkaji dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng usai melakukan penelitian, Kamis (18/8).

“Setelah kami lakukan analisa dan registrasi, dapat kami simpulkan benda ini memang benar Yoni yang berasal dari peradaban pada abad 7 hingga 12 masehi. Yoni ini berserat putus dan pasangannya lingga belum kami temukan,” kata Pengkaji cagar Budaya, Bagus Ujianto, Kamis (18/8).

Yoni yang memiliki dimenasi lebar bawah 110 cm, lebar atas 86 cm dan tinggi 90 cm diperkirakan sudah ada sejak masa peradaban Hindu-Budha. Biasanya digunakan sebagai penanda batas suatu wilayah sebuah kerajaan yang dipasang oleh raja.

Selain melakukan pengkajian terhadap Yoni di tengah makam, petugas juga mengecek batu bata kuno tidak jauh dari lokasi makam. Batu bata kuno ini diperkirakan berusia 1700 tahun dan dicatat bersama Yoni dalam daftar inventaris bernomor 11-11/SKO/AND/0107.

“ Kedua benda ini resmi dilindungi UU nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya. Dan kami segera membuat laporan hasil kegiatan kami di sini ke BPCB dan ditembuskan kepada Pemkab setempat agar segera diambil tindakan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge