0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mulai Sekarang, Pembuatan E-KTP Dilayani di Kecamatan

Bupati Yuni dan Wabup Dedy Endriyatno mencoba peralatan pembuatan e-KTP (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Program perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di kabupaten mulai saat ini bisa dilakukan di setiap kecamatan. Ini merupakan salah satu program 100 hari pasangan Bupati-Wakil Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Dedy Endriyatno.

“Mulai sekarang warga yang ingin mencetak e-KTP bisa dilakukan di kecamatan. Kalau dulu harus sampai Capil. Ini adalah termasuk program 100 hari Bupati Sragen,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
(Dispendukcapil) Sragen, Wahyu Lwiyanto, Kamis (18/8).

Wahyu menjelaskan, launching Program e-KTP Kecamatan ini telah dilakukan Bupati Sragen, Kudinar Untung Yuni Sukowati pada Senin (18/8) lalu di Kantor Dispendukcapil. Dengan program ini, maka warga cukup datang ke kecamatan masing-masing

Namun Wahyu mengakui, kalau sementara ini percetakan di kecamatan belum bisa Semedi (sedino mesti dadi) seperti yang ada di Dispendukcapil. Hal itu lantaran belum tersedianya blanko e-KTP yang dimiliki.

“Kekurangan blangko tak hanya dialami Sragen, daerah lain juga punya problem sama. Kita harus nunggu dulu droping dari pusat,” jelas Wahyu.

Sementara Bupati Yuni  menyatakan, selain pendekatan pelayanan di kecamatan, Dispendukcapil harus mampu memberikan layanan e-KTP sementara, bila terjadi penudaan pencetakan.

“Karena ada sejumlah layanan KTP yang tidak bisa ditunda, seperti pemesanan tiket pesawat, kereta api maupun ibadah haji,” kata  Yuni.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge