0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ki Jaga Rasa, Kereta Kencana Pembawa Bendera Pusaka

Kereta kencana Ki Jaga Rasa (merdeka.com)

Timlo.net – Kereta kencana ki Jaga Rasa didaulat menjadi pembawa bendera pusaka di Istana Merdeka dalam perayaan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Kereta ini milik Pemda Purwakarta.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengungkapkan, Kereta Ki Jaga Rasa memiliki makna filosofi sendiri. Ki artinya sebagai lambang, benda atau sosok. Jaga adalah melindungi, mengayomi, hidup dengan kasih sayang.

“Rasa artinya perasaan hati. Karena Kepemimpinan sejati itu adalah kepemimpinan yang meletakan hati sebagai sendi dalam mengambil keputusan,” kata Dedi, Rabu (17/8).

Dikatakan Dedi, itu berangkat dari falsafah orang Sunda dari Kerajaan siliwangi, di mana pemimpinnya menggunakan rasa, sehingga diberi gelar si pamanah rasa.

“Untuk kereta Ki Jaga Rasa dibuat tahun 2009 lalu, ketika saya menjabat sebagai Bupati pada periode pertama. Tujuannya memberi rasa hormat kepada leluhur Sunda, Prabu Siliwangi dengan gelar Ki Pamanah Rasa Ratu Haji. Sebagai simbol kejayaan Kerajaan Sunda di masa lampau,” ujar Dedi.

Biasanya kereta tersebut juga hanya digunakan setahun sekali yaitu pada puncak kegiatan hari jadi Kabupaten Purwakarta.

“Selebihnya diletakan di Balai Nagri, Pemda Purwakarta,” tambah Dedi.

Dedi menjelaskan dari filosofi itu, hasilnya adalah bisa dilihat pada Purwakarta hari ini, sebagai kabupaten yang mampu memadukan memadukan masa lalu dan masa depan.

“Masa lalu desain arsitektur pembangunan di Purwakarta diletakan pada sejarahnya, bangunan atapnya berbentuk Julangapak, menggunakan ijuk, jendela lebar, dan setiap bangunannya tertata dengan baik. Serta menggunakan bambu sebagai filosofi dasar pembangunan,” jelas Dedi.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge