0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Visa Jamaah Haji Gelombang Pertama Sudah Clear

Jamaah haji yang akan diberangkatkan dari Balaikota Solo (timlo.net/achmad khalik)

Boyolali – Masalah keterlambatan visa dan paspor calon jamaah haji embarkasi Adisumarno dipastikan rampung. Kurang disiplinnya panitia haji di tingkat kabupaten menjadi sebab carut marutnya data jamaah.

Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adisumarmo memastikan seluruh CJH yang terdaftar di keberangkatan gelombang pertama telah selesai pengurusan visa hajinya. Visa dan paspor pun saat ini sudah ada di embarkasi dan siap untuk didistribusikan kepada jamaah menjelang keberangkatan.

“Dari awal sudah kami tegaskan bahwa visa untuk gelombang pertama, clear,” ucap Kabag Humas PPIH Adisumarmo, Agus Widakdo, Rabu (17/8).

Terkait kasus lima jamaah asal kota Solo dan kabupaten Sukoharjo yang gagal berangkat karena belum memegang visa dan paspor dianggap sebagai kesalahan pihak panitia kabupaten dan kota yang bersangkutan. Agus membeberkan bahwa panitia haji di kabupaten dan kota melakukan mutasi dari yang seharusnya berangkat pada gelombang dua dipindah ke gelombang satu.

“Semisal yang dari Sukoharjo, hanya ada satu jamaah yang belum mendapatkan visa. Satu orang itu adalah jamaah yang masuk di daftar cadangan, atas kebijakan kabupaten karena ada keluarganya di gelombang satu maka dipaksakan masuk. Padahal seluruh urusan administrasi di gelombang satu clear,” jelasnya.

Termasuk, kata Agus, dalam kasus tiga calon jamaah haji yang hingga kini belum jelas keberangkatannya lantaran belum menerima paspor. Ketiga CJH tersebut merupakan jamaah yang semestinya diberangkatkan pada gelombang dua. PPIH sendiri kemarin sudah mengirim petugas pengambilan visa ke kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia di Jakarta.

“Semaksimalnya beberapa hari kedepan kekurangan visa gelombang dua sudah selesai, termasuk tiga paspor yang masih disana,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge