0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

600 Pendaki Upacara di Puncak Lawu, Satu Dievakuasi Tim SAR

(SAR gabungan mengevakuasi pendaki di Gunung Lawu, rabu (17/8))

Karanganyar – Sedikitnya 600 orang pendaki dari berbagai daerah memperingati HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Telaga Kuning, kawah mati di selatan puncak Lawu, Argodumilah (3.265 m di atas permukaan laut), Rabu (17/8).

“Sejak semalam cuaca cerah, pendaki yang masuk lewat sini sekitar 600 orang,” ujar Andy Yustika, Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Surakarta yang disiagakan di Pos Pendakian Gunung Lawu di Cemorokandang, Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar.

Andy bersama lima anggota Basarnas dan sejumlah potensi SAR di Karanganyar seperti Anak Gunung Lawu (AGL) mengamankan jalur pendakian yang setiap tanggal 16 Agustus malam selalu dipadati pendaki yang ingin memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan di puncak.

Dari pengamatan Timlo.net, para pendaki banyak yang naik untuk upacara, kemudian turun sambil membersihkan gunung dari sampah yang bertebaran di sepanjang jalur pendakian.

“Ya ini cara kami bersyukur sebagai bangsa yang merdeka, upacara di puncak benar-benar beda. Rasanya lebih memahami keindahan alam Indonesia adalah berkah yang harus kita cintai,” tutur Kuntoro, pendaki asal Solo.

Rabu siang ini, pendaki di Lawu berangsur-angsur turun. Sejauh ini hanya ada satu pendaki, Sri Lestari (35) warga Tanjunganom, Solobaru Sukoharjo, mengalami kelelahan dan vertigo

“Dilaporkan oleh pendaki lain bernama Pak Badrun, ada pendaki perempuan yang lemas di atas Pos I. Langsung kami kirim rescuer dan sekitar dua jam sudah bisa dievakuasi,” imbuh Andy.

 

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge