0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Puji Kerja Keras Presiden Soekarno Hingga SBY

Presiden Jokowi sampaikan Pidato Kenegaraan (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo mengakui sudah 71 tahun sejak Indonesia merdeka, saat ini belum mampu memutus rantai kemiskinan, memutus rantai pengangguran, memutus rantai ketimpangan dan kesenjangan sosial.

Jokowi menyatakan, setiap Presiden Republik Indonesia telah bekerja keras, telah membanting tulang, telah berjuang untuk mengatasi tiga tantangan tersebut di masanya masing- masing.

Mulai dari Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, Presiden BJ Habibie, Presiden Abdurrachman Wahid, Presiden Megawati Soekarnoputri, sampai masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Perbedaannya, kita menghadapi tantangan tersebut di tengah tatanan baru dunia, di tengah era kompetisi global. Kompetisi tidak lagi terjadi antardaerah tetapi antarnegara, antarkawasan. Sebuah era di mana semua negara saling terhubung satu sama lain, satu masalah bisa menjadi masalah bagi negara-negara di dunia,” kata Jokowi dalam pidato HUT RI ke-71 di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8).

Jokowi menjelaskan, sebagai komitmen Pemerintah saat ini, ia bertekad melakukan percepatan pembangunan. Salah satunya, Tahun 2016 dapat disebut sebagai Tahun Percepatan Pembangunan Nasional.

“Kita harus melangkah menuju Indonesia maju. Percepatan pembangunan tersebut mutlak kita perlukan,” katanya.

Jokowi menambahkan, saat ini paradigma pembangunan nasional telah diubah dari yang bersifat konsumtif menjadi produktif, dari yang bersifat Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Regulasi dan birokrasi juga diperbaiki secara masif seiring penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi.

“Kita juga telah tetapkan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok Tanah Air khususnya di desa-desa, di daerah-daerah pinggiran dan wilayah perbatasan guna memperkuat konektivitas nasional,” katanya. [rnd]

 

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge