0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT Kemerdekaan, Kampung Ini “Membatik” Jalan Lingkungan

Beberapa warga menyelesaikan pekerjaan "membatik" jalan kampung (dok.timlo.net/ichsan rosyid )

Solo — Warga Dawung Tengah, Serengan, Solo antusias menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-71 dengan menghias lingkungan mereka. Jalan semen di dalam kampung mereka cat dengan motif geometris berwarna-warni, Minggu (14/8).

“Saya sendiri yang membuat desainnya. Berdasarkan motif batik kawung yang sederhana. Biar mudah mengerjakannya,” kata Ketua RT 05/ RW 13, Serengan, Otoy Setyadi kepada wartawan, di sela-sela gotong royong.

Meski Otoy menyebut motif yang dipakai adalah batik kawung, namun hasil yang nampak lebih mirip motif geometris didominasi segitiga. Bentuk-bentuk oval yang menjadi cirikhas batik kawung hanya didapati di beberapa titik saja. Meski demikian, susasana kampung menjadi lebih semarak dihias warna-warni meriah.

Suasana peringatan Kemerdekaan semakin terasa dengan hadirnya bendera-bendera yang menghiasi sepanjang jalan. Nuansa itu semakin kuat terasa dengan antusiasme warga menghias lingkungan. Mulai dari anak-anak sampai orang tua turut bergotong royong mempercantik kampung mereka sejak pagi hingga siang hari.

“Awalnya kita pengen adakan lomba. Tapi karena waktunya sudah mepet ya sudah, akhirnya kita putuskan untuk gotong royong menghias kampung saja,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge