0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bum! Pohon Cemara Tua di Manahan Mulai Ditebangi

(Petugas mulai menebangi pohon cemara di lapangan Manahan | Ari Kristyono)

Solo – Pemerintah Kota Solo akhirnya tetap menebangi pohon-pohon cemara tua di pinggiran lapangan Manahan, Sabtu (13/8). Saat ini, petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan mulai memangkasi dahan-dahan rendah dan sudah menumbangkan sebatang pohon.

Dari pengamatan Timlo.net, penebangan dimulai pukul 10.00. Dengan peralatan gergaji mesin dan kampak, beberapa petugas DKP memangkasi dahan-dahan rendah, lalu mengikat batang yang sudah setengah gundul dengan tambang besar.

Lalu, dengan gergaji mesin batang berdiameter 40-50 cm itu digorok, hingga nyaris putus dan ditarik roboh dengan tambang. Proses menumbangkan sebatang pohon berusia puluhan tahun itu tidak lebih dari satu jam.

Penebangan pohon cemara yang sempat lama menjadi ikon kawasan Manahan itu sejak lama menuai protes para pecinta lingkungan. Mereka sempat memasang kain batik pada beberapa pohon sebagai imbauan agar rencana menebang pohon batal dilakukan.

Namun, Pemkot Solo bersikukuh menebang setidaknya empat pohon besar yang letaknya persis di Plasa Manahan, Selatan monumen yang saat ini tengah dibangun.

Walikota FX Hadi Rudyatmo pernah mengatakan, penebangan pohon cemara dilakukan untuk keamanan mengingat usia pohon tersebut sudah tua. Selain itu, luruhan daun cemara sering menyumbat lubang drainase sehingga memicu genangan saat hujan turun.

“Ya sudah tua, mosok tidak boleh ditebang. Nanti kalau ambruk kena orang, Pemkot juga yang disalahkan,” ujar Rudy.

Editor : Eddie Mutaqin

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge