0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Enam Mahasiswa UNS Ikuti PPL Internasional

Retno Tanding Suryandari (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Sebanyak enam mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional 2016. PPL Internasional ini merupakan kerjasama dengan Southeast Asian Minister of Education (SEAMEO) melalui Pre Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project).

“Program PPL Internasional 2016 untuk pertama kalinya diikuti oleh FKIP UNS,” ungkap staf Humas UNS, Dr Retno Tanding Suryandari kepada Timlo.net, di Kantor Humas UNS, Solo, Jumat (12/8).

Kegiatan ini, menurut Tanding, bertujuan untuk membuka kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk melakukan praktek mengajar di sekolah-sekolah di Asia Tenggara, sekaligus mengemban prioritas kegiatan SEAMEO untuk merevitalisasi pendidikan guru di ASEAN.

Keenam mahasiswa FKIP UNS tersebut, menurut Tanding, masing-masing, Aziz Mustolih, mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris; Putri Safitri, mahasiswa prodi Pendidikan Matematika; Zahrotunnisa mahasiswa Pendidikan Fisika; dan Citra Mashita mahasiswa Biologi melaksanakan praktek mengajar di SMP setempat di Thailand. Sedang Maria Ciptaning Sabdo Kawedha mahasiswa Kimia melakukan praktek mengajar di Philipina. Sementara Afifah Nur M mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini melaksanakan pembelajaran di PAUD yang ada di Thailand.

Keenam mahasiswa yang mengikuti PPL Internasional, menurut Tanding, tidak lagi perlu melaksanakan PPL di tanah air, sebagaimana yang rutin dilaksanakan oleh FKIP UNS, sebab kegiatan PPL Internasional memiliki sistem kredit dan penilaian yang setara dengan PPL lokal.

“Program ini adalah Batch ke-2, dan berlangsung selama satu bulan, yaitu dari tanggal 17 Juli hingga 15 Agustus 2016,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge