0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Replika Monas Akan Dibangun di Papua, Setinggi 54 Meter

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Bangunan miniatur Monumen Nasional (Monas) akan dibangun di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Diberi nama Menara Salib Wio Silimo, pemerintah daerah setempat menganggarkan Rp 150 miliar untuk mendanai proyek itu.

Bupati Jayawijaya, Jonh Wempi Wetipo mengungkapkan, menara itu akan berdiri setinggi 54 meter. Nantinya bakal dilengkapi air mancur seperti di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Dia menambahkan, ‘Wio Silimo’ adalah bahasa Wamena, artinya tempat berkumpulnya orang.

“Yang mana hingga kini pembangunannya telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 70 miliar, dan kami optimis monumen ini dapat diresmikan pada 2017,” kata Jonh Wempi Wetipo, Jumat (12/8).

Menara itu bakal dilengkapi elevator. Nantinya di dalamnya akan dibangun museum pada pintu masuk, serta terowongan sebagai akses keluar. Di dalam museum juga akan dihadirkan replika mumi seharga Rp 600 juta dan benda-benda budaya khas Wamena.

“Jadi wisatawan yang berkunjung ke Wamena tidak perlu kesulitan untuk melihat mumi karena ada replikanya. Kami juga akan memasang foto-foto bupati pertama hingga kini yang memimpin Kabupaten Jayawijaya, serta membuat buku sejarah terbentuknya wilayah ini,” lanjut Jonh.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge