0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petugas KB di Desa Kurang Maksimal

Pembinaan petugas KB (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemerintah kembali menggalakkan Program Keluarga Berencana (KB). Untuk mendukung program tersebut, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BKBPMD) Kabupaten Sragen menguji kemampuan petugas KB di lapangan dalam hal sosialisasi KB.

“Kalau biasanya kita mendatangkan narasumber untuk memberikan materi kepada seluruh petugas lini lapangan sampai tingkat desa. Tapi kali ini mereka sendiri yang tampil menyampaikan penyuluhan di hadapan petugas lini lainnya,” kata Kasubid KB BKBPMD Sragen, Hartatmo Joko Santoso, Jumat (12/8).

Acara Pembinaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Bagi Petugas Lini Lapangan atau Pembantu Petugas Keluarga Berencana Desa (PPKBD) tersebut dikemas dalam lomba penyuluhan. Petugas lini lapangan seluruhnya ada 208 orang, sesuai dengan jumlah desa/kelurahan di Kabupaten Sragen. Tapi dalam lomba ini diwakili kecamatan, sehingga hanya diambil 20 peserta.

Masing-masing peserta diberi waktu lima menit dengan menyampaikan materi yang berbeda, namun masih dalam satu tema, yaitu seputar KB dan pembangunan keluarga. Dengan cara ini antara peserta satu dengan yang lain bisa saling sharing ilmu dan berinteraksi.

Hartatmo mengakui, setelah melihat seluruh peserta yang tampil untuk menyampaikan materi memang ada beberapa yang dinilai kuran mumpuni. Ini menunjukkan kinerja mereka di lapangan juga kurang maksimal. Untuk memberikan semangat petugas lini pihaknya memberikan semacam stimulan kepada peserta lomba.

“Yang penting bisa memotivasi petugas lini lapangan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge