0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Upaya Polresta Solo Atasi Konflik Antar Umat Beragama

Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kota Solo memiliki potensi besar dalam masalah konflik antar umat beragama. Namun, upaya preventif selalu dilakukan untuk mencegah timbulnya dampak yang lebij besar.

“Sesuai dengan langkah yang diinstruksikan Pak Kapolda, kami senantiasa untuk melakukan langkah pencegahan supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan,” jelas Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi, Jumat (12/8) siang.

Kapolresta mencontohkan, langkah pencegahan yang dilakukan adalah dengan merangkul tokoh-tokoh beragama, menyebar personel intelejen hingga melakukan patroli rutin. Ketika ditemukan indikasi adanya gesekan yang berpotensi pada meluasnya konflik horizontal maka pihaknya akan segera mendamaikan kedua pihak yang bersengketa. Sehingga, dampak negarif yang ditimbulkan tidak meluas dan mengakibatkan hal yang lebih buruk.

“Informasi dari intelejen ini diperkuat, supaya informasi yang masuk dapat dijaring lebih banyak. Di sisi lain, diperlukan tindakan cepat untuk meredam hal yang dapat menimbulkan konflik horizontal meluas,” jelasnya.

Pihaknya berharap, pemuka agama maupun tokoh masyarakat dapat memberikan penyejukan terhadap kelompok atau umat yang dipimpin. Bukan malah sebaliknya. Jika hal ini sudah terbentuk, maka untuk mengatasi friksi antar umat beragama dapat dengan mudah dilakukan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge