0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antrian e-KTP Memanjang Gara-Gara Kehabisan Tinta

e-KTP (merdeka.com)

Timlo.net — Sekitar 4.000 warga Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, masuk daftar antre pembuatan KTP. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Muhammad Tahar mengatakan, warga terpaksa menunggu karena pihaknya krisis material pembuatan KTP.

“Mereka masuk daftar tunggu karena kita kehabisan tinta untuk mencetak KTP. Beberapa di antaranya kita berikan surat keterangan sementara, pengganti KTP,” kata dia di Tanjung Balai Karimun, Kamis (11/8).

Pihaknya terpaksa menerbitkan surat keterangan pengganti KTP yang bersifat sementara karena beberapa warga membutuhkannya untuk pengurusan dokumen lain.

Dia menegaskan, surat keterangan pengganti KTP itu tetap memiliki legalitas. Sebab menggunakan kop surat dengan lambang negara dan diterbitkan pemerintah daerah.

Pihaknya tengah berupaya mendapatkan pinjaman tinta, sehingga pencetakan KTP dapat dilakukan, terutama bagi pemohon KTP yang masuk daftar tunggu.

“Kalau tidak mendapatkan pinjaman tinta dari daerah lain, kami sudah mengusulkan pengalokasian anggaran dalam APBD Perubahan 2016 untuk pengadaan tinta pencetakan KTP,” kata dia.

Tahar mengatakan, pemerintah pusat mengijinkan pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan tinta pencetakan KTP. Dia menceritakan, dulu APBD tidak diperbolehkan mengalokasikan anggaran untuk tinta pembuatan KTP. Sebab semua ditanggung pemerintah pusat.

“Tapi, sekarang sudah diperbolehkan untuk mengatasi terhentinya penerbitan KTP,” kata dia.

Muhammad Tahar menambahkan, 4.000 pemohon KTP yang masuk daftar tunggu tersebut, merupakan warga yang mengajukan permohonan KTP karena pindah domisili, dan mengubah data identitas diri seperti status perkawinan dan pekerjaan.

“Kami perkirakan pencetakan KTP baru bisa dilakukan pada Oktober, setelah pengesahan APBD Perubahan 2016, jika kami tidak mendapatkan tinta pinjaman dari daerah lain,” ucap dia.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge