0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PT Freeport Diminta Buka Akses Jalan ke Kabupaten Puncak

PT Freeport. REUTERS/Muhammad Yamin (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta PT Freeport Indonesia membuka akses jalan ke Kabupaten Puncak yang selama ini hanya digunakan untuk keperluan perusahaan dan pihak keamanan. Dalam waktu dekat, dirinya akan memanggil perusahaan tersebut.

“Lalu yang juga sudah kita bicarakan kemarin pengiriman barang melalui Freeport untuk dikirim ke Kabupaten Puncak,” ujarnya, Kamis (11/8).

“Kita nanti akan panggil Freeport supaya diberikan kewenangan pada Pemda untuk membawa barang angkutan ke Puncak, jadi tidak melalui udara,” sambungnya.

Menurutnya, bila pengiriman barang sudah dilakukan melalui jalur tersebut, maka biaya angkut akan jauh lebih murah. Harga barang pun akan semakin murah dan tak lagi membebani masyarakat.

Menko Luhut pun menambahkan ke depan Provinsi Papua dan Papua Barat akan mendapat pasokan semen dengan harga yang lebih murah dibanding saat ini.

“Dengan pembangunan pabrik semen di Manokwari maka harga semen tidak lagi hingga Rp 2 juta per zak,” katanya.

Dia menyatakan produksi semen Manokwari akan bisa didistribusikan ke seluruh wilayah Papua agar mahalnya harga barang di Tanah Papua bisa diatasi.

“Lalu semen itu nanti bisa diangkut lewat sungai dari Agats atau dari Membramo yang nanti masuk ke Wamena,” jelas dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge