0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masih Banyak Janda yang Belum Tahu Suaminya adalah Veteran

Peringatan Hari Veteran Nasional di Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Puluhan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Klaten merayakan peringatan Hari Veteran Nasional ke-61 di Markas Cabang LVRI setempat, Kamis (11/8). Peringatan secara sederhana itu diawali prosesi ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala.

“Hari ini kita mengenang pertempuran di Solo selama empat hari, 7-10 Agustus 1949 yang membuat Belanda kalah dan diakhiri dengan gencatan senjata,” kata Ketua LVRI Cabang Klaten Soedjijo.

Diterangkan, LVRI Klaten saat ini memiliki 750 anggota, termasuk para janda dari istri pejuang. Sedangkan 260 veteran di antaranya adalah pejuang 1945-1949. Mereka bermarkas di Jalan Pramuka No 02 Klaten dan memiliki 22 ranting yang tersebar di kecamatan-kecamatan.

Disinggung soal intensif pemerintah, Soedjijo mengaku, juga menerima dana kehormatan dan tunjangan veteran. Namun bagi anggota yang diluar kedinasan TNI/Polri, belum mendapatkan kesejahteraan tersebut.

“750 Anggota itu termasuk janda. Mungkin sekarang masih banyak janda-janda yang tidak tahu suaminya dulu adalah veteran. Maka jika ada tetangga yang ternyata veteran silakan diajukan. Karena kita udah mengusulkan 12 janda veteran,” ujar Soedjijo yang pernah bertugas di Resimen Pelopor atau Satuan Brigade Mobil (Brimob).

Sementara itu, Bupati Klaten dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ronny Roekminto mengemukakan, LVRI merupakan kekuatan pembangunan.  Jiwa dan semangat berkobar dari dalam diri veteran dapat menjadi perekat persatuan dan wujud optimisme agar dapat keluar dari permasalahan saat ini.

“Meskipun sudah tidak muda lagi. Namun pengabdian para veteran dapat menjadi suri tauladan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge