0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar : Keluarga Bahagia Bentuk Karakter Anak

Hari Keluarga Nasional Jateng, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan dialog dengan kalangan ibu-ibu (timlo.net/nanin)

Boyolali — Keluarga adalah faktor penting dalam membentuk karakter anak. Keluarga yang bahagia akan menjauhkan anak dari pengaruh ideologi negatif, narkoba dan pornografi.

“Kalau daya tahan keluarga bagus, maka daya tahan negara juga akan kuat,” ungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (harganas) tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di Boyolali, Rabu (10/8).

Ganjar melakukan kunjungan ke rumah sakit Natalia, Boyolali Kota, untuk mengetahui sejauh mana pelayanan Keluarga Berencana. Ganjar juga menyempatkan diri berdialog dengan kalangan ibu-ibu yang sedang menunggu pelayanan KB. Seperti misalnya kepada Giyanti, Ganjar meminta agar memiliki dua anak saja.

“Sudah dua saja, tidak usah banyak-banyak,” ujar Ganjar sambil mengendong sang bayi Giyarti, yang merupakan anak keduanya.

Terkait laju pertumbuhan di Jawa Tengah, Ganjar mengatakan laju pertumbuhan penduduk di Jateng akan terus ditekan agar bisa mencapai angka total fertility rate (TFR) atau rata-rata jumlah anak yang dimiliki wanita selama masa reproduksinya, yakni di angka 2 saja. Saat ini, angka TFR di Jateng masih 2,5 dengan angka laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,37 persen. Ketidak mampuan pengendalian laju pertumbuhan penduduk akan menjadi beban dalam penyediaan pangan dan energi di masa mendatang.

“Kalau laju pertumbuhan tidak ditekan, maka akan kacau, akan menjadi beban bagi semuanya,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengklaim, laju pertumbuhan penduduk di Boyolali saat ini dinilai cukup berhasil dengan tingkat laju pertumbuhan sebanyak 0,34 persen, lebih rendah dari laju pertumbuhan Jateng di angka 0,37 persen dan laju pertumbuhan nasional di angka 0,7 persen.

“Kita lebih rendah dalam menekan pertumbuhan penduduk,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge