0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambangi SMK PL Leonardo Klaten, Mendikbud: Ini Contoh Full Day School

Claudia Cindy Paramitha (kanan) dan Mendikbud Muhadjir Effendy (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengapreasiasi penerapan full day school atau sekolah sepanjang hari yang diterapkan SMK Pangudi Luhur (PL) Leonardo Klaten. Hal itu dia katakan saat mengunjungi sekolah yang berlokasi di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo No 30 Klaten, Rabu (10/8).

“Ini kan sudah contoh full day school sampai jam setengah lima sore. Mereka (siswa didik) sudah gigih sekali. Dibentuk mentalnya sebagai calon pekerja atau pekarya yang tangguh,” kata Muhadjir Effendy.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini tiba di SMK PL Leonardo sekitar pukul 14.00 WIB. Selama kurang lebih 15 menit, Muhadjir meninjau puluhan siswa-siswi yang tengah pratikum mengikir baja atau logam di ruang perbengkelan.

“Peralatan relatif lengkap. Kerjasama dengan perusahaan sekitar, daya serap siswa untuk memperoleh lapangan kerja tinggi. Bahkan selama tiga tahun terakhir, tiap tahunnya mengirimkan siswa magang ke Jepang,” ujar Muhadjir.

Meski demikian, Muhadjir menyayangkan adanya keterbatasan dana siswa yang hendak magang ke negeri matahari terbit tersebut. Ia akan mengupayakan bantuan kepada SMK PL Leonardo berupa kucuran dana.

“Sangat disayangkan banyak yang tidak berangkat karena masalah dana. Nanti biar saya sarankan ke Kementrian (Kemendikbud) untuk kasih pinjaman dana transport. Nanti kan selama mereka disana bisa diangsur pasca kerja agar bisa menambah jumlah siswa magang,” ungkapnya.

Editor : Eddie Mutaqin

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge