0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hebat, LAPAN bakal Bangun Bandar Antariksa

Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof Dr Thomas Djamaluddin mengemukakan, ke depan LAPAN bakal membangun Bandar Antariksa. Karena Bandar Antariksa manfaatnya besar.

“Kita bisa meluncurkan satelit dari Bandar Antariksa,” jelas Djamaluddin kepada wartawan, usai acara Seminar dan Sosialisasi Hasil Satelit LAPAN di Solo, .

Menurut Djamaluddin, sejauh ini LAPAN memang telah memilih tiga lokasi untuk menjadi Bandar Antariksa di Indonesia. Lokasinya di Enggano, Biak dan Morotai. Namun kemudian mengerucutkan menjadi dua lokasi yang nantinya akan dipilih, yakni antara Biak dan Morotai.

“Selain itu Bandar Antariksa bermanfaat untuk meluncurkan satelit, juga bisa menjadi lokasi pembuatan satelit,” jelasnya.

Bahkan manfaat lain, kata Djamaluddin, Bandar Antariksa juga bisa digunakan oleh negara lain. Apalagi saat ini hanya ada dua lokasi yang bisa digunakan untuk peluncuran satelit, yakni di Qoru, Perancis dan di Alkantara, Brazil. Sedangkan dua negara lainnya yakni RRT dan India hanya bisa meluncurkan satelit dengan orbit yang terbatas.

”Nantinya dipilih salah satu dari dua lokasi tersebut. Sebab untuk menjadi lokasi Bandar Antariksa harus berada dekat dengan kawasan lautan luas. Sedangkan dua lokasi ini mengarah ke Samudra Pasifik,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge