0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Full Day School, Rudy : Akan Mengecilkan Peran Orangtua

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pemerintah Kota Solo menolak wacana penerapan Full Day School yang dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan. Walikota Solo menilai kebijakan tersebut akan mengecilkan perang orangtua dalam pendidikan.

“Tidak akan kami terapkan di sekolah negeri. Tidak cocok untuk Solo,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmmo, Selasa (9/8).

Ia menjelaskan, bila anak berada di sekolah seharian, waktu untuk bertemu orang tua akan semakin berkurang. Di samping itu, anak juga akan kesulitan bersosialisasi dengan masyarakat di rumah.

“Terlalu lama sekolah juga membuat anak jadi jenuh,” kata dia.

Salah satu alasan Mendikbud menerapkan full day school adalah untuk mengurangi pengaruh hal-hal negatif di masyarakat terhadap anak. Kepala Bidang Perlindungan Anak Badan Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas PP PA dan KB) Kota Solo, Supraptiningsih megatakan alasan tidak tepat.

“Anak-anak jangan dipisahkan dari kehidupan sosialnya seperti itu,” kata dia.

Lebih jauh ia menyarankan, pemerintah agar lebih melibatkan masyarakat dalam pendidikan. Dengan demikian, masyarakat akan ikut bertanggung jawab terhadap pendidikan anak-anak di lingkungan masing-masing. Batas antara pendidikan formal dan nonformal di masyarakat akan hilang.

“Kalau pemerintah hanya menekankan pendidikan formal, maka masyarakat akan semakin merasa tida bertanggung jawab atas pendidikan. Kepekaan sosial anak juga akan semakin menurun,” kata dia.

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge