0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sistem Full Day School Terkendala Sarana Edukasi

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Sistem full day school yang akan diterapkan untuk pendidikan dasar SD dan SMP masih menuai pro-kontra. Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih memberikan sejumlah catatan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, sebelum menerapkan gagasannya.

Pertama, katanya, sebelum diterapkan, Kemendikbud harus segera melengkapi fasilitas penunjang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

“Sarana dan prasarana edukasi juga harus segera dilengkapi sesuai tuntutan kurikulum,” kata Abdul saat dihubungi, Selasa (9/8).

Kemudian, Kemendikbud harus mendorong tenaga pengajar untuk membuat metode belajar yang kreatif dan inovatif agar siswa tidak jenuh. Pemberian penghargaan dan apresiasi dinilai Abdul juga penting diberikan bagi pengajar.

“Memberi ruang yang luas dan diberi reward dan apresiasi terhadap guru yang kreatif, inovatif dan berprestasi. Karena kalau tidak sekolah akan membosankan bagi siswa dan guru itu sendiri,” jelasnya.

Dia tak ingin wacana ini dipaksakan terhadap sekolah yang dinilai belum siap. Oleh sebab itu, pihaknya menyarankan Menteri Muhadjir untuk memilih sekolah percontohan untuk mengukur efektivitas penerapan sistem ini.

“Sistem full day school ini perlu dipilih sekolah yang sudah disiapkan lebih dulu, jangan paksakan semua sekolah harus menerapkannya,” jelas Abdul.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge