0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Diselenggarakan di Yogyakarta

(merdeka.com)

Timlo.net – Yogyakarta menjadi tuan rumah ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Pendaftaran ignition akan diselenggarakan di Auditorium Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 13 Agustus 2016. Ini merupakan tahapan pertama di Yogyakarta, selaku kota ketiga yang menjalankan gerakan ini.

“1000 startup yang terkumpul dari gerakan nasional ini diharapkan akan diperoleh valuasi yang mencapai lebih dari USD 10 billion. Namun kami ingin menajamkan mindset bahwa uang bukan alasan utama untuk memulai sebuah startup,” papar Chief Executive KIBAR, selaku penggagas Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Yansen Kamto, Selasa (09/08).

Dikatakannya, gerakan ini terbuka bukan hanya untuk mereka yang memiliki kompetensi pemrograman aplikasi saja, tetapi juga untuk semua anak muda dari berbagai keahlian, mulai dari desain, komunikasi, bisnis, ekonomi, teknik, dan lainnya. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital membutuhkan anak muda yang peduli dan menolak terbuai oleh potensi kebesaran Indonesia.

“Gerakan ini mencari anak-anak muda yang memiliki pola pikir untuk menyelesaikan masalah dan menciptakan inovasi. Mereka yang ingin bangsa Indonesia maju dan menjadi negara besar” ujar Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM sekaligus mentor Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Hargo Utomo.

Bagi anak muda yang ingin ikut program ini, bisa langsung mendaftar dengan mengisi form registrasi di reg.1000startupdigital.id. Program ini terbuka untuk yang sudah ataupun belum memiliki ide, individu atau tim, bahkan untuk mereka sudah memiliki produk. Namun, jika ingin mendaftar dengan tim, semua anggota harus mendaftar secara individual, dan mengikuti program dari awal hingga akhir.

Sebagai salah satu syarat pendaftaran, semua peserta harus membuat sebuah video berdurasi maksimal 2 menit, yang menggambarkan masalah besar yang ingin diselesaikan, beserta ide dan solusi yang akan dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital. Video tersebut kemudian diunggah ke YouTube dengan menyertakan hashtag #1000startupdigital. Pendaftaran ditunggu sampai tanggal 9 Agustus 2016.

“Semua peserta akan diseleksi secara ketat di setiap tahapan. Program ini hanya akan memilih peserta dengan visi dan kemauan kuat untuk maju ke tahap selanjutnya. Perlu diketahui bahwa program ini bukan kompetisi untuk mendapatkan hadiah atau penghargaan tertentu, namun merupakan sebuah gerakan yang bertujuan menciptakan ekosistem startup digital berkelanjutan yang memecahkan masalah besar yang berdampak bagi Indonesia,” Ketua Umum Asosiasi Digital Kreatif, Saga Iqranegara menambahkan.

Pada tahap pertama akan ada 200 peserta yang akan terpilih di setiap kota untuk mengikuti Ignition, sebuah seminar yang akan menginspirasi para peserta untuk membuat sebuah startup yang menyelesaikan masalah dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tahapan ini sangat penting bagi setiap calon pendiri startup untuk memahami pola pikir kewirausahaan sebelum memulai startup-nya masing-masing.

[idc]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge