0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS dan LAPAN Kerjasama Bidang Litbang

UNS dan LAPAN jalin kerjasama (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menandatangani Memorendum of Understanding (MoU) di bidang penelitian dan pengembangan (Litbang), di Solo, Selasa (9/8). Penandatangan dilakukan Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi dan Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin.

“Kerjasama terutama menyangkut empat kompetensi LAPAN dan tujuh program utama yang dilakukan LAPAN,” ujar Prof Ravik saat bertemu Timlo.net, usai acara penandatangan.

Menurut Ravik, secara teknis di antaranya, LAPAN akan memberi kuliah umum di UNS terkait tujuh hal program utama LAPAN. Selain itu, menjadi dosen tamu atau dosen tidak tetap dan dosen luar biasa.

Sedang terkait bidang pengabdian, yang mana LAPAN akan bergabung dalam hal penelitian dan rekayasa, sekaligus UNS akan membantu mensosialisasikan produk yang dihasilkan LAPAN. “Sosialisasi itu, kita manfaatkan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang selama ini telah kami coba dengan BMKG,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Thomas Djamaluddin mengetengahkan diantara program utama LAPAN, adalah pengembangan teknologi satelit, pengembangan roket Sonda yang dikembangkan roket peluncur satelit, pengembangan teknologi aeronetika atau teknologi penerbangan meliputi pesawat transport dan pesawat tanpa awak atau sistem pemantau maritime berbasis pesawat tanpa awak, pengembangan bank data penginderaan jauh nasional, pengembangan pemantau bumi nasional, dan sebagainya.

“Itu di antara program utama LAPAN,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge