0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Orang yang Gemar Membaca Buku Panjang Umur

Pemeran buku (dok.timlo.net/setyo pujis)

Timlo.net—Ada sebuah kabar gembira untuk para penggemar buku. Menurut sebuah penelitian baru, mereka yang membaca buku secara teratur hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak pernah membaca. Para peneliti dari Yale University di Amerika Serikat (AS) menggunakan data penelitian terhadap 3.635 orang yang berpartisipasi dalam penelitian selama 50 tahun.

Para partisipan ini dibagi ke dalam tiga kelompok: mereka yang tidak membaca buku sama sekali, mereka yang membaca buku hingga tiga setengah jam per minggu dan mereka yang membaca buku lebih dari tiga setengah jam per minggu.

Penelitian itu menemukan jika para pembaca buku biasanya adalah wanita, lulusan perguruan tinggi dan dari kelompok berpenghasilan tinggi. Para peneliti memperhitungkan faktor usia, ras, kesehatan, depresi, pekerjaan dan status pernikahan.

Dibandingkan mereka yang tidak membaca buku, kelompok yang membaca hingga tiga setengah jam per minggu memiliki resiko 17 persen lebih kecil untuk mati 12 tahun kemudian. Mereka yang membaca lebih lama dari itu memiliki resiko 23 persen lebih rendah.

Para pembaca buku hidup rata-rata dua tahun lebih alam dibandingkan mereka yang tidak membaca sama sekali.

Para peneliti menemukan hubungan serupa dengan mereka yang membaca surat kabar dan majalah tapi manfaatnya lebih sedikit dibandingkan membaca buku.

“Mereka yang mengaku membaca buku paling sedikit setengah jam per hari memiliki keuntungan untuk hidup lebih signifikan dibandingkan mereka yang tidak membaca buku,” kata pemimpin penelitian Becca R Levy, seorang profesor di Yale.

“Keuntungan hidup ini tetap sama setelah menyesuaikan faktor kesehatan, pendidikan, kemampuan kognitif dan banyak variabel lainnya,” kata Levy.

Sumber: Times of India.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge