0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inovasi Harus Bisa Diakses Masyarakat

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Mohammad Nasir (kanan) (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Perkembangan teknologi dan inovasi harus dapat diakses oleh masyarakat. Pasalnya, dapat berfungsi untuk mengembangkan daya saing bangsa.

“Inovasi berguna untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa. Ke depan, perkembangan teknologi dan inovasi semestinya tidak hanya dinikmati kalangan perguruan tinggi saja. Masyarakat pun harus bisa memanfaatkannya,” terang Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir, Senin (8/8).

Salah satu upaya mewujudkan perluasan akses tersebut, lanjut Nasir, adalah penurunan harga produksi hasil perkembangan teknologi dan inovasi. Sehingga, hasil dari teknologi tersebut dapat dinikmati hingga kalangan bawah.

“Harga jual produk harus bisa dijangkau. Perkembangan teknologi harus bisa digeser ke arah industrialisasi,” terangnya.

Menristek menandaskan, perkembangan teknologi berikut hasil inovasi dari anak bangsa harus terus digelorakan. Lantaran hal tersebut, Nasir menerangkan, pemerintah pusat memilih Solo sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 pada 10-12 Agustus.

“Selama ini inovasi-inovasi tidak pernah digelorakan. Ini kali pertama peringatan Hakteknas digelar di luar ibu kota. Kami memilih Solo sebagai lokasi kegiatan, juga karena Solo memiliki Techno Park yang relatif lebih maju dibanding daerah lain,” terang dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge