0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

32 Pramuka Penggalang Klaten Ikuti Jamnas Cibubur

Kontingen Pramuka Penggalang asal Klaten yang akan mengikuti Jambore Nasional 2016 (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Puluhan anggota Pramuka Penggalang asal Klaten akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka X di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, (14-21/8) mendatang. Pelepasan kontingan Kwartir Cabang (Kwarcab) Klaten itu dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Jaka Sawaldi, Senin (8/8) di Pendopo Pemkab Klaten.

“Tujuan Jambore Nasional untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, ketrampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang. Disamping itu juga sebagai komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehoirmatan Pramuka yaitu Tristya dan Dasadarma Pramuka,” kata Ketua panitia penyelenggara, Sumaryoto.

Diterangkan, sebanyak 40 peserta, terdiri dari 32 anggota Pramuka Penggalang, 4 pendamping, dan 4 pembina bakal mewakili kontingen Klaten di ajang tersebut. Mereka terpilih berdasarkan hasil seleksi dari 23 SMP Negeri swasta di Klaten dan terbagi dalam 2 kelompok putra dan putri.

“Mereka nantinya akan mengikuti 16 kegiatan. Antara lain, keagamaan, olah raga, permainan persaudaraan, pengenalan Saka, kegiatan tehnologi industri , petualangan dan wisata selama delapan hari,” terang Sumaryoto.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Hartini melalui Jaka Sawaldi berharap, kegiatan tersebut dapat mewujudkan semangat persatuan dan kesatuan dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pasalnya, jambore nasional adalah pertemuan Pramuka Penggalang se Indonesia dalam bentuk perkemahan besar.

“Melalui Jambore Nasional Pramuka diharapkan agar anggota Pramuka penggalang dan Remaja pada umunya memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan yang kuat dilandasi Jiwa pancasila,” ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge