0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Pulau Rempang Galang Minta Keadilan Jokowi

Perwakilan adat Pulau Galang saat menceritakan permasalahan yang dialaminya kepada sejumlah awak media di Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Perwakilan warga Pulau Rempang Galang, Kota Batam, Provinsi Riau, silaturahmi ke Solo, Minggu (7/8) petang. Kehadiran mereka ke Solo dengan  tujuan berharap kepada Presiden Jokowi agar permasalahan tanah Pulau Rempang Galang, dapat terselesaikan dan menjadi hak sepenuhnya milik rakyat.

“Kami diperlakukan seakan tak adil untuk mendapat hak tanah negara menjadi hak milik rakyat,” terang Koordinator Himpunan Masyarakat Adat Pulau-pulau Rempang Galang (Himad Purelang), Supendi (41).

Upaya yang dilakukan anggota Himad Purelang sejak tahun 2008 ini, kata Supendi, kerap mendapat hal yang tidak adil saat memperjuangkan hak milik tanah di rangkaian pulau-pulau Rempang, Galang, kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Selama ini perjuangan masyarakat Himad Purelang dinilai berbenturan dengan tatanan Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA).

Seharusnya, kata dia, hal itu tidak perlu dialami masyarakat Indonesia untuk memiliki tanah negara dengan cara membeli. Maka dari itu, kehadiran Himad Purelang ke Solo untuk menggugah hati Presiden Jokowi agar dapat menerima segala keluhan yang dialami warga Pulau Pulerang.

Senada, salah seorang warga Desa Sijantung, Galang, Kepulauan Riau, yang turut hadir ke Solo, Karti Karyati (44), mengaku bahwa dalam memperjuangkan tanah Pulau Rempang Galang, ia pernah dibui.

Menurut dia, salah satu cara yang paling efektif dan faktual dalam menyelesaikan permasalahan Pulau Rempang Galang adalah dengan mendekatkan diri ke dalam lingkup tetangga Presiden Jokowi agar lebih dekat.

“Kami kuat menunggu sampai lahir suatu kebijakan yang adil dari Bapak Presiden Jokowi,” katanya.

Dengan kedatangan mereka ke Solo, diharapkan Presiden Jokowi sebagai pemimpin rakyat bisa memberikan rasa adil.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge