0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Bagikan 1.500 Alat Bantu Dengar

Warga penerima bantuan alat dengar di Pendhapi Gede Balaikota, Solo (istimewa)

Solo – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Solo membagikan alat bantu dengar kepada 1500 warga Solo di Pendhapi Gedhe Balaikota, Solo, Minggu (7/8). Pembagian alat bantu dengar yang diinisiasi oleh Starkey Hearing Foundation ini direspon positif bagi kalangan disabilitas.

“Pembagian alat bantu dengar ini gratis. Baik kepada penderita yang cacat dengar sejak lahir ataupun disebabkan oleh sakit,” terang Sekretaris PMI cabang Solo, Sumartono Hadinoto.

Dalam kegiatan tersebut, kata Sumartono, warga yang mengalami gangguan pendengaran dilakukan screening atau pemeriksaan sejak tanggal 7-9 Agustus lalu. Saat ini, warga yang telah dilakukan screening dipersilahkan mengambil alat dengar sesuai hasil yang telah dilakukan.

“Nantinya, ada proses monitoring juga. Maksudnya, apakah alat yang telah diberikan tersebut berfungsi dengan baik atau kurang maksimal. Jika ditemukan keluhan maka akan dilakukan proses lanjutan,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya bantuan tersebut masyarakat dapat kembali menikmati indra dengar yang menjadi salah satu sarana vital kelengkap andalam berkomunikasi. Sehingga, kesalah pahaman yang terjadi dapat diminimalisir.

Sementara itu, perwakilan Direktorat Rehabilitasi Sosial penyandang Disabilitas, Santi Utami Dewi mengatakan, masyarakat yang memiliki masalah dengan indra dengar di Indonesia mencapai 20 persen. Melalui program bertema “So the World May Hear” yang merupakan program CSR dari starkey foundation tersebut dapat mengurangi 0,5 persen dari jumlah keseluruhan masyakat yang memiliki masalah indra dengar tersebut.

“Karena indra dengar adalah salah satu kelengkapan tubuh manusia, maka fungsi dan kegunaannya juga sangat vital,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge