0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil Listrik Buatan Anak Negeri Siap Diproduksi Secara Massal

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Mohammad Nasir (kanan) (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Makin terbatasnya sumber energi khususnya minyak bumi memaksa tiap negara untuk berlomba menciptakan energi alternatif. Tak hanya itu, energi terbarukan yang ramah lingkungan juga dinilai sangat penting. Berawal dari itu, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) saat ini terus menggenjot kreatifitas anak bangsa dalam menciptakan transportasi yang ramah lingkungan. Diharapkan, tahun depan ternologi ramah lingkungan dengan energi terbarukan ini dapat terlaksana.

“Jalan keluarnya dengan menggunakan energi istrik. Makin lama, bahan bakar minya (bbm) makin berkurang dengan harga yang makin meningkat. Disisi lain, bbm juga kurang ramah lingkungan. Dengan menciptakan kendaraan listrik, maka akan menjaga lingkungan dan tidak perlu susah untuk membeli bbm,” terang Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Mohammad Nasir, Minggu (7/8).

Sejauh ini, kata Nasir, karya anak bangsa dalam hal kendaraan listrik dapat diacungi jempol. Tinggal, mempromosikan karya tersebut untuk diproduksi secara massal. Namun, yang menjadi kendala, masyarakat yang masih terpancang pada penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak. Padahal, disejumlah negara maju kendaraan dengan konsumsi bbm sudah mulai dikurangi.

“Kalau tidak sekarang, mau kapan lagi,” terang Nasir.

Untuk merealisasikan program tersebut, lanjutnya pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 Triliun di bidang pengembangan. Tahun depan, target pemerintah dapat memproduksi secara massal produk mobil listrik keluaran dalam negeri.

IMG-20160807-WA0002

“Pemerintah sangat serius dalam hal ini. Jadi, dibidang pengembagan sudah digelontor dana cukup besar. Untuk kedepan, mencari rekanan (pihak swasta-red) untuk dapat memproduksi massal dengan harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge