0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Takehiko Nakao Terpilih Kembali Jadi Presiden Asian Development Bank

Takehiko Nakao (merdeka.com)

Timlo.net – Takehiko Nakao kembali terpilih menjadi Presiden Asian Development Bank (ADB) untuk lima tahun ke depan. Nakao menduduki kursi presiden ADB untuk pertama kali pada April 2013. Dia menggantikan Haruhiko Kuroda, saat ini Gubernur Bank of Japan.

“Saya akan melanjutkan pengabdian diri untuk membawa ADB semakin menancapkan kuku sebagai institusi pembangunan utama di Asia yang membantu mencapai pembangunan inklusif dan berkelanjutan di Asia Pasifik,” kata Nakao, seperti diberitakan Nikkei, semalam.

Salah satu terobosan Nakao adalah menggabungkan dua fasilitas pinjaman sehingga kapasitasnya meningkat. Yaitu, Asian Development Fund dan Ordinary Capital Resources.

Namun, tahun lalu, Menteri Keuangan China Lou Jiwei mengatakan, fasilitas itu terlalu konservatif untuk mendukung pertumbuhan regional.

Pada 2015, penyaluran pinjaman dan hibah ADB menyentuh rekor, USD 16,3 miliar. Itu termasuk pinjaman sektor swasta USD 2,6 miliar.

Nakao, juga memberikan otoritas kepada resident missions dan memangkas proses pengadaan dan prosedur lainnya untuk mengakselerasi kerja ADB.

Di periode pertama, Nakao menyaksikan pendirian kantor Public-Private Partnership. Tak kalah penting, mendorong kesepakatan co-financing dengan Asian Infrastructure Investment Bank inisiatif China.

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge