0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Zakat Baznas Karanganyar Tembus Rp 2,8 Miliar

(Ilustrasi) Sarasehan Baznas di Rumah Dinas Bupati Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Turunnya gaji ke-13 dan juga THR bagi PNS saat Ramadan menjadikan perolehan zakat yang dikumpulkan Baznas Karanganyar melonjak. Kalau biasanya sekitar Rp 500 juta sampai Rp 700 juta, saat Juni dan Juli, perolehan zakat mencapai Rp 2,8 miliar.

“Bulan Juni perolehan zakat mencapai Rp 959.829 juta dan pada saat lebaran sampai akhir Juli ini perolehan zakat sudah tembus Rp 1,856 miliar. Jadi total selama dua bulan itu lebih dari Rp 2,8 miliar terkumpul,” kata Ketua Baznas Karanganyar Abdul Muid, kemarin.

Muid mengatakan tidak hanya para PNS yang kini sudah mulai penuh menyalurkan zakat sebesar 2,5 % dari gaji, yang dipotong langsung setiap bulan, namun juga masyarakat umum. Kesadaran berzakat semakin tumbuh, kepercayaan masyarakat menyalurkan zakatnya kepada Baznas semakin bagus. Ini tentu terus dipupuk agar ke depan penyaluran zakat semakin terkoordinasi.

Dikatakannya, Baznas menyalurkan secara maksimal sesuai dengan aturan syariah agama, sesuai delapan asnab yang dicantumkan dalam Alquran. Karena itu penyalurannya terkontrol. Dan setiap bulan ada laporan secara terbuka, bahkan diupload di website Pemkab Karanganyar dan Baznas sehingga siapapun bisa mengontrol.

Baznas juga mulai menyisihkan antara dana yang diserahkan untuk zakat dengan dana yang diserahkan untuk infaq dan sedekah Dengan demikian penyalurannya bisa dibedakan sejak awal, tidak tercampur antara zakat dengan infaq, sebab bisa beda sasaran.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge