0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komik Superman Langka Terjual Seharga $1 Juta

Action Comics No.1. (Dok: Timlo.net/ TIMOTHY A. CLARY/AFP/Getty Images))

Timlo.net—Heritage Auctions, Kamis (4/8) menjual salinan asli dari Action Comics No.1 yang memperkenalkan Clark Kent dan Lois Lane untuk pertama kalinya kepada dunia pada 1938. Komik itu dijual senilai $956.000 dalam lelang.

Padahal 78 tahun lalu, komik yang sama dijual senilai 10 sen per buku. Komik pertama tentang Superman ini disebut sebagai buku komik paling penting yang pernah diterbitkan. “Setelah melihat banyak salinan Action No.1 selama bertahun-tahun, saya benar-benar terkesan dengan daya tarik salinan ini untuk mata saya,” kata penilai komik Matt Nelson dalam situs Heritage.

“Action No.1 ini adalah salah satu salinan dengan tampilan terbaik di antara salinan yang jarang ditemukan di dunia,” tambahnya.

Komik pertama Superman, “The Reign of Superman” dicetak pada 1933, dan sebenarnya menggambarkan sosok Superman sebagai penjahat. Lima tahun kemudian, Action Comics No.1 memperkenalkan kembali sosok ini sebagai pahlawan yang kita kenal hingga saat ini.

Salinan asli dari Action Comics No.1 dianggap sangat langka. Salinan yang lain terjual dua tahun lalu seharga $3,2 juta di eBay. Superman dianggap sebagai buku komik tentang pahlawan super mainstream pertama di dunia. Penampilannya di Action Comics No.1 akhirnya membuat pahlawan super itu tampil dalam buku komik tersendiri juga serial televisi dan film animasi bahkan film layar lebar. Adaptasi film layar lebar terakhir tentang Superman, “Batman v Superman: Dawn of Justice” sendiri sekalipun menimbulkan konflik antara penggemar dan kritikus film berhasil meraih $872 juta.

Sumber: Fortune.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge