0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa USB Ubah Kulit Rambutan Jadi Penangkal Kanker

Mahasiswa USB menunjukkan hasil karyanya (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Sebanyak lima mahasiswa Universitas Setia Budi (USB) Surakarta telah mengubah kulit rambutan menjadi penangkal kanker. Karena kulit rambutan yang biasanya dibuang sebagai limbah, ternyata diubah menjadi minuman yang bermanfaat.

“Minuman ini juga kami buat menjadi tablet effervescent sehingga praktis konsumsinya dan rasanya lebih enak,” kata mahasiswa Prodi Farmasi USB Alfiah Khumaida kepada wartawan, di Kampus USB, Solo, Jumat (5/8).

Idenya berawal ketika diantara mereka melihat banyak kulit rambutan yang terbuang saat musim buah itu tiba. Lalu mereka mencoba melakukan penelitian pendahuluan. Hasilnya, ternyata kulit rambutan itu tinggi kandungan antioksidannya.

“Makin merah warna kulitnya, semakin tinggi kandungan antioksidannya,” ujarnya.

Meskipun demikian, kata Desi Mulyawati, anggota tim peneliti lainnya, ternyata pada umumnya orang enggan mau mengonsumsi jika berupa kulit yang hanya dikeringkan. Dari situ lantas mereka berpikir bagaimana agar kulit rambutan itu bisa diolah menjadi minuman yang cepat dan praktis penyajiannya.

Kemudian mengolahnya menjadi minuman effervescent yang tinggal dimasukkan ke air akan tercampur dengan sendirinya.

“Setelah kami proses menjadi serbuk pun, kandungan antioksidan dari kulit rambutan masih tinggi sehingga manfaatnya tetap optimal untuk menjaga kesehatan,”jelasnya.

‪Setelah dikemas, tim yang terdiri atas lima mahasiswa yakni Alfiah Khumaida, Desi Mulyawati, Indah Irawati, Ni Luh Ayu Guna Prawati dan Fikri Amrillah ini menamai inovasinya dengan Ramcent atau Rambutan Effervescent.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge