0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Padamkam Kebakaran Hutan, Ukraina Tawarkan Bantuan Pesawat

Ilustrasi pesawat padamkan kebakaran hutan (merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Ukraina, Preto Poroshenko menawarkan pinjaman pesawat untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan kepada Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan Preto dalam pertemuan bilateral di Istana Negara, Jumat (5/8) sore.

“Tadi Ukraina tawarkan untuk meminjamkan pesawat apabila Indonesia mengalami tantangan kebakaran hutan, Antonov 32 P. Ukraina menyatakan komitmennya ‘silakan pakai pesawat kita’. Jadi ini merupakan suatu gesture politik yang sangat baik dan sudah ditanggapi secara positif oleh presiden kita,” kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam keterangan persnya.

Preto tidak merinci berapa jumlah pesawat yang akan dipinjamkan ke Indonesia. Meski ditawari bantuan, Retno berharap pemerintah menyelesaikan persoalan kebakaran lahan dan hutan tanpa melibatkan negara lain.

“Ya mudah-mudahan tawaran itu tidak akan kita pakai, karena kita bisa me-manage sendiri dan tidak terjadi kebakaran hutan seperti tahun lalu,” ujar dia.

Labih jauh, Presiden Preto menyatakan dukungannya bagi Indonesia untuk pencalonan Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2022.

“Seperti yang disampaikan Presiden Ukraina, Ukraina sudah menyatakan dukungannya bagi candidacy Indonesia dalam UN Security Council untuk 2019-2020,” tutup Retno.

[tyo]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge