0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Inisiasi Pendaftaran KTP Melalui Online

KTP Elektronik atau e-KTP (dok.timlo.net/redaksi)

Solo – Memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan (KTP), Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana membuat terobosan baru, yaitu menggunakan sistem online. Sedangkan untuk anggarannya sendiri, akan diajukan pada APBD perubahan 2016 atau akhir tahun mendatang.

“Target kita, untuk tahun ini semua piranti yang dibutuhkan sudah siap. Khususnya software, karena kalau hardware dan pengelolanya sejauh ini tidak ada masalah,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Suwarta kepada wartawan, Jumat (5/8).

Dikatakannya, untuk teknis pelayanan online pembuatan KTP merujuk kepada pembuatan paspor di kantor imigrasi. Sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot datang kekantor jika ingin melakukan pendaftaran.

“Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs resmi, baru setelah itu datang ke kantor dinas untuk membawa salinan persyaratan. Setelah proses verifikasi selesai, langsung bisa dilakukan pencetakan KTP, ” jelasnya.

Dengan adanya terobosan itu, pihaknya juga berharap dapat mengurangi antrian masyarakat dalam membuat KTP. Baik yang berada dikantor kecamatan maupun dinas.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge