0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa UNS dan UGM Bikin Aplikasi Mangan

Mahasiswa UNS dan UGM bikin aplikasi Mangan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Lima mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Gajah Mada (UGM) bekerja sama membuat aplikasi Mobile Pangan (Mangan). Kelima mahasiswa itu adalah Amelia Rahman, Hamzah, Ely Desiana dan Rio Pahlevy asal Program Studi (Prodi) Informatika FMIPA UNS serta Ami Rosemarwati dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UGM.

“Mangan itu sendiri merupakan aplikasi rekomendasi dan informasi kuliner,” ungkap Hamzah kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jumat (5/8).

Hamzah mengatakan, ia bersama tim menciptakan aplikasi ini lantaran banyak masyarakat yang tidak tahu terkait kuliner di Solo. Untuk itu, beberapa bulan lalu, dirinya bersama rekannya mulai menciptakan aplikasi yang memuat informasi kuliner yang ada di Solo.

“Dan pada 1 Agustus kemarin, aplikasi Mangan resmi diluncurkan,” ujarnya.

Hamzah mengatakan, potensi terbesar pariwisata di Solo adalah pada kulinernya. Hal inilah yang mendorong tim Mangan memperkenalkan produk dari pelaku usaha kuliner di Solo dalam bentuk review yang lengkap dan selalu diperbarui.

Mangan adalah review dan rating, serta informasi tentang lokasi, kontak, menu makanan dan harga. Terdapat pula fitur pencarian kuliner serta fitur simpan untuk menyimpan kuliner favorit dengan tombol berbentuk daun. Selain itu, terdapat fitur navigasi yang menampilkan peta serta memberikan arahan menuju lokasi.

Saat ini sasaran pengguna aplikasi Mangan adalah masyarakat Solo, pendatang dan wisatawan domestik maupun orang yang akan berkunjung ke Solo. Ke depannya, Tim Mangan akan mengembangkan aplikasi ini agar dapat digunakan dan bermanfaat bagi wisatawan mencaneraga dan masyarakat umum di Indonesia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge