0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paparan Pestisida Hantar Setyo Raih Doktor

Setyo Sri Rahardjo (ist)

Solo – Paparan pestisida organofosfat telah menghantarkan Setyo Sri Rahardjo, mahasiswa program studi Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) meraih gelar doktor UNS ke 223. Selain itu, Setyo merupakan doktor ke 13 Program Studi Ilmu Lingkungan.

“Hasil penelitian yang menunjukkan aktivitas kolinesterase menurun adanya paparan pestisida organofosfat,” jelas Setyo saat menyampaikan disertasinya di depan Dewan Penguji, di ruang Sidang UNS, Solo, Kamis (4/8).

Hal ini, kata Setyo, diharapkan dapat mendorong dan menggiatkan lagi Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar untuk memberikan penyuluhan dan peringatan untuk selalu memakai alat pelindung diri yang lengkap selama berhubungan dengan pestisida. Selain itu diharapkan secara rutin memeriksa aktivitas kolinesterase paling tidak enam bulan sekali pada petani yang berhubungan dengan pestisida.

Lebih lanjut Ia mengatakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan pestisida organofosfat dapat menurunkan respons imun petani. Hal ini perlu selalu disosialisasikan kepada petani dan masyarakat sekitarnya, bahwa paparan pestisida sangat berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan, bahkan menurunkan kekebalan tubuh.

“Masyarakat diharapkan bisa secara aktif mencegah sendiri paparan pestisida pada dirinya,” jelasnya.

Pada ujian doktor itu, Setyo mempertahankan disertasi berjudul Paparan Pestisida, Aktivitas Kolinesterase Dan Respons Imun Pada Petani di Kabupaten Karanganyar. Setyo berhasil meraih nilai 3,85 dengan predikat sangat memuaskan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge