0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

391 Pemdes Tunggu Pencairan Dana Desa Tahap II

Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Klaten — Ratusan Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Klaten saat ini tinggal menunggu kucuran Dana Desa tahap kedua yang bersumber dari APBN. Pasalnya, sebanyak 391 Pemdes sudah mencairkan Dana Desa tahap satu beberapa waktu lalu.

“Seluruh desa sudah menerima pencairan Dana Desa tahap satu. Rencananya akhir Agustus ini (Dana Desa) tahap dua sudah cair,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten, Herlambang Jaka Santosa, Kamis (4/8).

Diterangkan, tahun ini Kabupaten Klaten mendapatkan jatah Dana Desa sebesar Rp 243,8 Miliar untuk 391 desa. Pencairan Dana Desa tahap satu diberikan sebesar 60 persen dan sisanya 40 persen akan diberikan pada tahap dua.

Mekanisme pencairan dua tahap ini berbeda dengan tahun lalu yang menggunakan sistem tiga tahap. Meski mepet, laporan sementara Dana Desa tahap satu sebagian besar Pemdes telah melaksanakan realisasi Dana Desa 70-80 persen.

“Realisasi Dana Desa tahap satu minimal harus sudah dilaksanakan 50 persen. Syarat tersebut berlaku untuk pengajuan pencairan Dana Desa tahap dua akhir Agustus nanti,” terang Herlambang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge