0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Korban Laka Pelajar, Pembentukan PKS Digenjot

Pembetukan PKS di sejumlah sekolah di Karanganyar digenjot (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) hingga Bulan Juli tahun 2016 menurun dibandingkan tahun sebelumnya, namun jumlah korban dari usia remaja dan pelajar meningkat. Menyikapi hal ini, Satuan Lalulintas Polres Sukoharjo menargetkan untuk tahun ini ada 500-600 personel Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

“Saat ini baru ada sekitar 200 siswa  dari sejumlah sekolah di Sukoahrjo untuk tingkat SMP dan SMA. Target kami secara bertahap ada seribu PKS, namun untuk tahun ini kita targetnya ada 500-600 anggota PKS,” kata Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta, Kamis (4/8).

Setiap sekolah ditargetkan ada 20 anggota PKS untuk membantu pengawasan dan keamanan lalulintas di lingkungan sekitar sekolah. Namun demikian, untuk membentuk karakter anak SMA yang mau menjadi PKS diakui masih banyak menemui kendala.

Saat ini petugas Dikyasa dari Satuan Lalulintas Polres terus melakukan pembinaan dan penyuluhan ke sejumlah sekolah tingkat SMP dan SMA. Selain memberikan materi seperti dalam kurikulum lalulintas, diharapkan juga akan banyak siswa yang mau dan sanggup menjadi petugas PKS.

“Kemarin saat MOS kita sudah ke sekitar 10 sekolah untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan. Kita harapkan setiap sekolah minimal ada 20 siswa yang mau menjadi petugas PKS, dan nanti September akan kita apelkan besar-besaran,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge