0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan TPA Troketon Tunggu Pemenang Lelang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang dengan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Klaten, Purwanto Anggono Cipto, saat mengunjungi TPA Troketon di Kecamatan Pedan, Klaten. (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Jalan panjang pencarian tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah di Klaten bakal segera berakhir. Pasalnya, pertengahan Agustus mendatang TPA di Desa Troketon, Kecamatan Pedan mulai dibangun.

“(Pembangunan) TPA Troketon tinggal pelaksanaan saja. Tahun ini selesai untuk bangunan fisik dan pengadaan alat untuk pemrosesan sampahnya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten, Abdul Mursyid, Kamis (4/8).

TPA Troketon direncakan menempati lahan seluas 9,464 hektar, saat ini pemkab telah membebaskan 3,2 hektar. Pembangunan TPA Troketon dilakukan secara bertahap hingga tiga tahap dengan total luas bangunan 1.500 meter persegi.

Sementara, produksi sampah di Klaten per hari mencapai 170 ton. Namun yang masuk ke Troketon diperkirakan hanya 60 ton karena telah berkurang dengan penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycledi) di sejumlah kecamatan. Selain itu, sebagian sampah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sementara (TPAS) di Dukuh Biru, Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen.

“Kapasitas sehari sekitar 60 ton (sampah) untuk alatnya. Namun tahun ini baru sebagian saja yang masuk kesana, mudah-mudahan tahun 2017 semuanya bisa masuk dan tertangani,” ujar Mursyid.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setda Klaten sekaligus Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Klaten, Sigit Gatot Budiyanto mengungkapkan, proyek pembangunan TPA Troketon sudah selesai dilelangkan. Pagu proyek TPA Troketon sebesar Rp 1,43 miliar dari APBD 2016. Lelang TPA Troketon yang dilakukan secara elektronik diikuti 27 peserta.

“Tinggal menunggu penetapan (pemenang lelang). Diharapkan pertengahan Agustus sudah jalan,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge