0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPDB Selesai, Sekolah Masih Terima Siswa Baru

(Ilustrasi) PPDB (dok.timlo.net/agung widodo)

Karanganyar — Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017 menyisahkan persoalan baru. Sejumlah sekolah ditengarai masih menerima daftar ulang peserta didik baru setelah PPDB selesai. Sejumlah sekolah juga berencana menambah rombongan belajar baru untuk menampung siswa yang tidak diterima.

“Di SMK Jumantono, ada enam siswa yang tidak melakukan daftar ulang. Namun oleh kepala sekolah, justru diisi siswa lain. Bahkan jumlahnya hingga mencapai 27 siswa,” kata Ketua Komisi D DPRD Karanganyar Endang Muryani, Selasa (2/8).

Di sisi lain, sejumlah sekolah yang sudah terpenuhi kuotanya berencana membuka rombongan belajar baru. Seperti halnya SMAN Colomadu yang akan memasukkan 76 siswa karena belum mendapatkan sekolah. Menurutnya, rencana itu melanggar aturan yang sudah ada.

“Jika memang tidak diterima di sekolah pilihan pertama, sebagai konsekuensinya harus mendaftar di sekolah pilihan kedua,” kata Endang.

Berdasarkan regulasi yang ada, dalam proses PPDB bagi siswa yang tidak melakukan daftar ulang, kursi tetap dibiarkan kosong. Terkait temuan itu dikhawatirkan menimbulkan kecemburuan di masyarakat. Karena ada pihak yang memaksakan agar diterima di sekolah yang dituju.

”Sejak awal kan sudah sepakat bahwa kursi yang kosong tidak diisi. Saya menyayangkan sikap kepala sekolah yang mengambil langkah sendiri tanpa  mengindahkan aturan yang ada,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge