0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juni, Kunjungan Wisman Turun 39,29 Persen

Wisatawan tiba di Bandara Adi Sumarmo (dok.timonet/setyo pujis)

Solo – Lesunya perekonomian global yang terjadi sekarang ini turut mempengaruhi pada perkembangan sektor pariwisata. Bahkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, pada Juni lalu terjadi penurunan yang cukup signifikan pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

“Penurunan jumlah wisman pada Juni lalu mencapai sekitar 39,29 persen. atau turun sebanyak 253 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Selasa (2/8).

Dikatakannya, pada bulan tersebut jumlah wisman yang datang melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo hanya mencapai 391 orang. Padahal pada bulan sebelumnya, jumlah kunjungan wisman tercatat mencapai 644 orang.

“Turunnya jumlah kunjungan itu bisa disebabkan banyak kemungkinan. Mulai dari situasi dan kondisi ekonomi yang lesu serta masuknya bulan Ramadan. Sehingga orang enggan untuk bepergian,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, jika dilihat dari asal negaranya jumlah kunjungan wisman terbanyak berasal dari warga Negara Malaysia atau sekitar 194 orang, kemudian disusul Philipina sebanyak 11 orang dan Thailand sebanyak lima orang.

“Dari hasil survei yang kita lakukan, bisa dibilang hampir seluruhnya untuk wisman semua Negara yang berkunjung ke Solo mengalami penurunan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge