0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peminat Tax Amnesty di Jateng Masih Minim

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Sejak diberlakukan pada awal Juli 2016, jumlah masyarakat yang memanfaatkan program tax amnesty atau pengampunan pajak masih minim. Bahkan di Kanwil DJP Jateng II sendiri, jumlah masyarakat yang memanfaatkan program ini bisa dihitung jari atau hanya belasan orang.

“Hingga saat ini, masyarakat yang memanfaatkan program tax amnesty baru sekitar 12 orang. Dari total wajib pajak tersebut, jumlah tebusan yang telah disetorkan mencapai Rp 1 Miliar,” ujar Kepala DJP Jateng II, Lusiani kepada wartawan, Selasa (2/8).

Masih minimnya masyarakat itu, lebih kepada persoalan pemenuhan persyaratan yang harus dipenuhi. Kendati demikian, dirinya mengaku animo masyarakat yang aktif menanyakan dan berkonsultasi di KPP Pratama setiap daerah cukup tinggi.

“Kendalanya dipersyaratan. Oleh karena itu, upaya sosialisasi terus gencar kita lakukan. Karena melalui program ini sebenarnya sangat membantu masyarakat yang ingin mendeklarasikan asetnya,” jelas dia.

Menurutnya, tujuan dari pelaksanaan program Tax amnesty adalah untuk dapat meningkatkan penerimaan pajak, mendorong reformasi pajak dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Seluruh wajib pajak, baik yang berasal dari orang pribadi, badan, UMKM dan yang belum menjadi wajib pajak dapat mengikuti program ini sampai dengan 31 Maret 2017.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge