0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanaman di Median Jalan Papahan-Palur akan Dihilangkan

Median jalan Papahan - Pegadaian dibongkar (dok.merdeka.com)

Karanganyar — Tanaman di median jalan antara Papahan hingga Palur akan dihilangkan. Sebab keberadaannya kerap mengganggu pandangan pengguna jalan, sehingga rawan menyebabkan kecelakaan.

“Mestinya pandangan leluasa, tapi karena ada tanaman di tengah jalan, bisa terhalang. Ini bisa menyebabkan kecelakaan. Karena itu saya minta tanamannya dihilangkan saja. Median jalannya tidak usah pakai tanaman,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Selasa (2/8).

Meski dilakukan perawatan rutin terhadap tanaman tersebut, namun tidak menutup kemungkinan tanaman tumbuh cepat semakin tinggi, terutama di musim hujan.

“Kalau semakin tinggi, kan menghalangi pandangan mata,” ujarnya.

Dia mengusulkan, agar tempat menanam tanaman hias saat ini, ditutup dengan semen. Setelah itu, sepanjang median jalan dicat warna hitam putih, sehingga bisa menjadi peringatan bagi pengguna jalan agar tidak terlalu mepet dengan median jalan saat berkendara.

“Instansi terkait agar berkoordinasi. Median jalannya dipertahankan, tapi tanamannya diambil saja. Biar pengguna jalan lebih enak, pandangannya tidak terganggu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar Edy Sriyatno mengatakan, untuk menghilangkan tanaman di median jalan antara Papahan-Palur tidak perlu berkoordinasi dengan Pemprov Jateng, meskipun ruas jalan tersebut berstatus jalan provinsi.

“Sebab tanaman itu yang menanam kabupaten. Yang membangun median jalan, dulu juga kabupaten. Selama ini, perawatan dilakukan kabupaten, dalam hal ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP),” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge