0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Intensitas Hujan Tinggi, Warga Diimbau Waspada

Hujan deras landa Kota Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Masyarakat Boyolali dihimbau untuk mewaspadai bencana alam angin lisus menyusul masih tingginya curah hujan. Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jateng, hujan masih akan turun hingga bulan Agustus.

“Masyarakat harus tetap waspada, pasalnya hujan disertai angin masih sering terjadi di wilayah Boyolali,” kata Kabid Penaanggulangan BPBD Boyolali, Purwanto, Senin (18/7).

Dijelaskan, pergantian suhu berlangsung sangat cepat, dimana bila pagi hingga siang, cuaca sangat panas, dan menjelang sore hujan deras turun. Hujan yang turun disertai dengan angin kencang, kondisi ini berpotensi terjadinya bencana angin  lesus. Apalagi Boyolali secara geografis berada di pegunungan dengan diapit Gunung Merapi dan Merbabu dan dua laut, yaitu laut selatan atau samudra hindia dan laut jawa.

“Hal ini yang berpotensi menimbulkan angin ribut atau lisus di 19 kecamatan di Boyolali,” tambah Purwanto.

Selain meningkatkan kewaspadaan, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menebang pohon tinggi terutama yang berpotensi tumbang bila terjadi angin kencang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge