0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kostum Jember Carnaval Bersinar di Seychelles

Jember Fashion Carnaval (eastjava.com)

Timlo.net – Kostum Jember Fashion Carnaval (JFC) menjadi 2nd runner up dunia dalam ajang Carnaval International de Victoria, Seychelles. Konsep penilaian dalam event tersebut menggabungkan antara eksibisi atau pameran kostum dilanjutkan dengan street dance presentation di seputaran jalan Boise de Rose Avenue.

Untuk Street Carnival, penilaian di titik beratkan pada performance, musik, fungsional kostum, artistik, serta kesesuaian konsep.

“Kami menggunakan kain-kain tradisional yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia seperti ulos, batik, dan lurik,” kata Presiden JFC, Dynan Fariz, Jumat (29/4).

Dynan mengaku bangga dengan prestasi internasional itu. Maklum, di Sychelles prestasi kontingen Indonesia mampu mengalahkan 23 tim internasional lainnya.

Raihan mentereng tadi, hanya bisa dipatahkan kontingen Notting Hill (Amerika Serikat) dan Reunion (Prancis).

Di Seychelles, Jember Carnaval Festival menampilkan kreasi kostum busana etnik khas Indonesia. Tujuannya, mengangkat dan memperkenalkan kepada dunia tentang ciri khas dan potensi luar biasa yang dimiliki Indonesia.

Kesatuan antara desain kostum kain, gerak tari, bahkan flora khas daerah-daerah yang ada di Indonesia bersinergi dengan sangat apik dalam kostum karnaval ini.

“Sesuai dengan tema yang kami bawa, sepanjang karnaval, kami tidak hanya memamerkan kostum yang kami buat namun kami juga menari sesuai dengan kostum dan suku yang diangkat sehingga sambutan dari penonton yang memadati sepanjang jalan sangat luar biasa,” beber Dynan.

Menpar Arief Yahya mengungkapkan, pihaknya selalu membawa busana carnival karya seniman-seniman daerah, baik dari Jember Carnaval, Banyuwangi Ethno Carnaval, maupun Malang Carnival di berbagai Travel Mart di berbagai belahan dunia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge